Daftar 10 Stadion Terbesar di Benua Asia, GBK Menempati Posisi yang Membanggakan! | Berita Bola Terbaru

Daftar 10 Stadion Terbesar di Benua Asia, GBK Menempati Posisi yang Membanggakan!

Stadion kebanggaan Indonesia, Gelora Bung Karno, selain menjadi salah satu stadion terbaik di kawasan Sean dan menjadi yang paling istimewa versi fourfourtwo.com, ternyata juga menyandang sebagai salah satu stadion terbesar di benua Asia. Berdasarkan rilisan dari sportstardom.com, GBK setidaknya masih tercatat sebagai salah satu dari 10 stadion dengan kapasitas terbesar di Asia. Bahkan, dengan kapasitas mencapai lebih dari 88 ribu seat, SUGBK menempati posisi ke 3 dalam kategori stadion terbesar di Benua Asia.

            Lalu stadion mana sajakah yang memiliki predikat sebagai stadion terbesar di benua Asia? Mari kita lihat satu persatu.

1.      Rungrado May Day Stadium.

Predikat stadion terbesar di Asia sampai saat ini dimiliki oleh Rungrado May Day Stadium yang berada di ibukota Korea Utara, Pyongyang. Memiliki kapasitas mencapai 150.000 tempat duduk, Rungrado May Day Stadium menjadi representasi dari sepakbola Korea Utara yang selama ini negaranya begitu tertutup dari hingar bingar kemajuan dunia.



2.      Sheikh Kamal International Stadium

Meski Bangladesh tidak begitu diperhitungkan di kancah dunia, ataupun Asia sekalipun, namun setidaknya mereka masih memiliki sebuah kebanggaan jika stadion mereka berpredikat sebagai stadion terbesar kedua di Asia. Akan tetapi, perlu digarisbawahi, stadion ini diperuntukkan untuk permainan Kriket yang menjadi olahraga terfavorit di Bangladesh. Namun, meskipun begitu, venue ini tetap dimasukkan oleh worldblaze.in dan sportstardom.com sebagai stadion terbesar kedua di benua Asia.



3.      Gelora Bung Karno Stadium

Jika kita membicarakan tentang stadion yang khusus dipergunakan sebagai ajang pertandingan sepakbola, maka GBK akan menjadi nomor 2 terbesar di Asia karena Sheikh Kamal International Stadium Bangladesh bukanlah stadion untuk sepakbola. GBK, stadion kebanggaan Indonesia ini sejak dibangun pada tahun 1962 langsung menjadi representasi persepakbolaan Indonesia, sekaligus menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Berkapasitas 88.306 tempat duduk, membuat stadion yang menjadi saksi sejarah sepakbola nasional Indonesia ini menjadi stadion terbesar ketiga di benua Asia.


4.      Bukit Jalil National Stadium

Negeri tetangga, Malaysia, seolah tak ingin kalah dengan Indonesia yang memiliki GBK, mulai membangun stadion ini pada tahun 1996 lalu. Berkapasitas 87.411 tempat duduk, stadion yang ditahbiskan sebagai stadion identitas Malaysia ini menempati posisi keempat sebagai stadion terbesar di benua Asia.



5.      Azadi Stadium

Sebagai salah satu kekuatan sepakbola utama daratan Asia, Iran juga memiliki stadion berkapasitas massif di benua Asia. Mampu menampung penonton hingga 84.412 penonton, stadion yang jika diterjemahkan memiliki “stadion kebebasan” ini menjadi salah satu stadion paling “angker” di Asia karena jarangnya para musuh Iran yang mampu memenangkan pertandingan disini.


6.      Guangdong Olympic Stadium

Sebagai negara yang tengah membangun industri sepakbolanya secara besar-besaran dengan sokongan modal yang menggila, rasanya tak lengkap jika negeri ini tak memiliki stadion yang besar dan megah dalam lingkup benua Asia. Stadion yang mampu menampung 80.012 penonton ini dibangun pada tahun 1998 dan dibuka pada tahun 2001 lalu. Dengan kapasitas sebesar itu, Guangdong Olympic Stadium mampu untuk masuk jajaran stadion terbesar di benua Asia dengan menempati posisi keenam.


7.      Beijing National Stadium

Setingkat dibawah Guangdong Olympic Stadium, Tiongkok kembali mengirimkan wakilnya dalam daftar 10 stadion terbesar di Asia. Beijing National Stadium, alias Bird’s Nest Stadium alias Stadion Sarang Burung karena konstruksinya yang menyerupai tempat tinggal burung, memiliki kapasitas 80.000 tempat duduk dan menjadi stadion terbesar ke 7 di benua Asia.


8.      Shanghai Stadium

Setelah menempatkan Guangdong Olympic Stadium dan Beijing national Stadium pada posisi keenam dan ketujuh dalam daftar stadion terbesar di Asia, kembali China menempatkan Shanghai Stadium di posisi kedelapan dalam list ini. memiliki kapasitas yang sama dengan Beijing National Stadium yang mampu menampung 80.000 penonton, Shanghai Stadium yang kini dipakai markas oleh klub Liga China, Shanghai SIPG ini masuk dalam jajaran 10 stadion terbesar di Asia dan menempati posisi kedelapan.


9.      Shah Alam Stadium

Stadion yang memiliki kapasitas 80.000 tempat duduk ini sudah tak asing lagi bagi para pecinta bola Indonesia. iya, laga timnas Indonesia di Sea Games lalu pun salah satunya juga disini. Stadion milik Malaysia ini menjadi representasi sepakbola Malaysia sebelum stadion Bukit Jalil didirikan. Stadion ini juga menjadi markas klub Liga Malaysia Selangor FA, yang tentunya sudah sering terdengar ditelinga para pecinta bola Indonesia karena klub ini seringkali menggunakan jasa pemain dari Indonesia. mulai dari Ristomoyo Kassim, Bambang Pamungkas, Ellie Aiboy, Andik Vermansyah, hingga yang terbaru, duo Evan Dimas dan Ilhamudin Armayn.


10.  Aleppo Stadium

Meski tengah dilanda konflik berkepanjangan, namun sepakbola Suriah ternyata tidak mati begitu saja. Selain timnasnya yang masih menjadi salah satu kekuatan di Asia, Suriah pun memiliki Stadion di kota tua Aleppo yang mampu menjadi stadion terbesar ke 10 di Asia dengan daya tampung 75,000 penonton. Stadion terbesar di Suriah ini pun seringkali dipergunakan untuk menggelar laga-laga yang dilakoni oleh Timnasnya dan menjadi representasi dari persepakbolaan Suriah di mata dunia internasional.




Itulah daftar 10 stadion terbesar yang ada di benua Asia. Daftar ini tentu saja mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Seperti contohnya adalah stadion Salt Lake Stadium di India yang beberapa waktu lalu menjadi stadion terbesar di India dan juga merupakan stadion terbesar kedua didunia dengan daya tampung mencapai 120.000 penonton, kali ini tidak lagi masuk dalam daftar karena setelah mengalami renovasi besar-besaran pada 2015 akhirnya hanya berdaya tampung 65.000 penonton saja. Dan tentu saja sebagai warga negara Indonesia, setidaknya kita bisa berbangga karena GBK, stadion yang menjadi kebanggaan Indonesia, mampu masuk dalam daftar 10 daftar stadion terbesar di Asia, bahkan menempati posisi kedua. akan lebih membanggakan lagi jika besarnya stadion ini juga diikuti oleh besarnya prestasi yang diciptakan oleh skuat Garuda salam setiap ajang yang mereka ikuti nanti. Semoga...

Sumber : Uc News
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2